Call us on  021 98970871 ~ 081289577428

Home » TIPS » Waspadalah Marmer Anda Kusam! Berikut Tips merawat Marmer!

Waspadalah Marmer Anda Kusam! Berikut Tips merawat Marmer!

 

Gambar 1

Apakah Anda pernah melihat marmer yang kusam dan tidak mengkilap, atau banyak Baret pada permukaan marmer, dengan keadaan marmer seperti itu pasti tidak akan indah di lihat kadang cenderung seperti lantai murah.

  1. Langkah Untuk Membersihkan Marmer

Ketika membersihkan area tertentu pada marmer, lap bagian yang terkena noda secara lembut mengikuti arah serat marmer untuk menghindari kerusakan pada permukannya.

  • Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan dan memoles marmer dan granit
    Lantai jenis ini membutuhkan perawatan dan produk-produk pembersih khusus agar tidak merusaknya.
  • Ada banyak alasan memilih marmer atau granit untuk lantai rumah Anda. Selain memukau, bahan ini mampu mengubah penampilan ruang apa pun menjadi tampak luar biasa dan sangat tahan lama. Tentu hal ini dengan catatan: Anda merawatnya secara benar! Ketahui cara membersihkan lantai marmer dan cara membersihkan lantai granit karena keduanya merupakan batuan alam yang memerlukan perhatian khusus.
  • Masalah utama pada marmer dan granit adalah bahan-bahan penyusunnya yang berbeda dari komposisi material lain, misalnya ubin keramik. Kedua material ini mudah rusak oleh produk-produk pembersih biasa. Meskipun Anda perlu memberi keduanya lebih banyak perhatian, usaha itu akan terasa setimpal dengan hasilnya ketika Anda melihat lantai Anda berkilau dan bersih. Lanjutkan membaca untuk mengetahui produk-produk pembersih marmer dan cara merawat lantai granit.

2. Pembersih Marmer untuk Menghapus Noda

Mempelajari cara membersihkan lantai marmer atau lantai granit terdiri dari dua proses yang mudah. Pertama, Anda perlu mengetahui cara menghapus noda pada lantai. Cara terbaiknya adalah:

  • Tuangkan sedikit sabun cuci piring cair yang lembut atau pembersih marmer dengan pH netral pada selembar kain mikrofiber. Basahi kain dengan sedikit air bersih yang dingin. Selalu tes produk apa pun di bagian yang kecil dan tersembunyi terlebih dulu.
  • Usap secara lembut area bernoda searah serat lantai marmer. Jangan tergoda untuk mengusapnya dengan gerakan melingkar karena ini bisa merusak permukaan lantai.
  • Setelah noda hilang, keringkan dan poles lantai menggunakan kain kering.

3. Anda juga perlu tahu cara membersihkan lantai granit atau lantai marmer secara rutin. Berikut ini petunjuk mudahnya:

  • Siapkan produk pembersih khusus atau seember air hangat bercampur sedikit sabun cuci piring cair.
  • Gunakan kain atau alat pel yang lembut dan bersih. Pel seluruh permukaan lantai dengan gerakan lembut.
  • Kosongkan ember dan isi ulang dengan air dingin tanpa campuran. Pel ulang lantai untuk menghilangkan residu sabun.
  • Poles lantai memakai kain mikrofiber kering dan bersih untuk mengembalikan kilaunya. Jangan pernah membiarkan marmer atau granit mengering secara alami karena ini bisa menyebabkan bercak air.

4. Yang perlu di perhatikan dalam pembersihan marmer

Jangan mengunakan Produk-produk pembersih lantai biasa. Anda lebih baik menggunakan pembersih marmer atau granit khusus. Dikarenakan pembersih lantai biasa hanya di peruntukan untuk lantai keramik, bukan untuk marmer dan jika di pakai untuk marmer maka akan menyebabkan marmer tampak kusam.

Bahan yang bersifat sangat asam atau sangat basa, misalnya cuka
Kain kasar, spons cuci piring yang terbuat dari kawat halus juga dapat membuat marmer menjadi tergores selain itu, Mesin penyedot debu selangnya juga bisa menggores marmer, selain ada lagi yang perlu anda perhatikan, misal tempatkan keset di pintu masuk menuju lantai granit atau marmer guna menangkap kotoran, debu, dan kerikil kecil yang tersangkut di sol sepatu sebelum menginjak lantai anda.

Perawatan lantai granit dan marmer sebenarnya jauh lebih mudah jika ditangani dengan jasa poles marmer yang profesional atau, Anda selalu menjaga lantainya tidak terlalu kotor, jadi lakukan beberapa langkah pencegahan untuk mengurangi tumpukan kotoran sekaligus risiko goresan dan kerusakan.

Pastikan Anda memberi alas di bawah benda-benda keras yang Anda letakkan di lantai, seperti pot tanaman, sehingga tidak terjadi kontak langsung antara lantai dan benda tersebut. Pertimbangkan juga memasang pelindung marmer dan granit yang tersedia di toko bangunan untuk memperkecil potensi kerusakan pada permukaannya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *