Mau tetap Sehat walau Duduk lama di Sofa & Kursi? ini Tipsnya!

//Mau tetap Sehat walau Duduk lama di Sofa & Kursi? ini Tipsnya!

Mau tetap Sehat walau Duduk lama di Sofa & Kursi? ini Tipsnya!

duduk di sofa

Setiap orang pasti memiliki Sofa atau kursi di rumah, apakah itu berbahan kain atau kulit. Sofa atau kursi juga merupakan salah satu jenis tempat duduk yang memiliki kenyamanan saat digunakan untuk duduk, dan memiliki banyak penggemar mulai dari anak kecil, orang dewasa sampai orang tua sekalipun. Ketika duduk diatas sofa setiap orang mungkin malas untuk bangkit atau berdiri dari sofa dan kursi tersebut.

Tentu banyak hal atau kegiatan yang dapat dilakukan diatas sofa atau kursi seperti membaca buku, bersantai, berkomunikasi, bermain game, menonton hingga mendengarkan lagu dan lain sebagainya. Kadang orang akan lupa waktu, ketika melakukan kegiatan di atas sofa atau kursi dan duduk berjam – jam lamanya di atas sofa atau kursi tidak akan terasa. Namun, kebiasaan ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Terlalu lama duduk diatas sofa, atau tempat duduk lainnya dapat mengakibatkan berbagai  macam gangguan kesehatan. Mulai dari mengganggu peredaran darah, tulang punggung dan sistem metabolisme tubuh serta beberapa macam gangguan lainnya. Ditambah lagi bahan yang digunakan untuk membuat sofa atau kursi banyak yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan anda. Sehingga dapat beresiko terkena penyakit lebih tinggi.

Maka dari itu, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan saat bersantai dan duduk diatas sofa atau kursi. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dicoba, agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh sofa atau kursi.

Tips Duduk Lama di Sofa & Kursi :

 

  • Pilih bahan yang kuat

Kenapa kita memilih bahan yang kuat saat hendak membeli sofa atau kursi, dikarenakan bahan dapat mempengaruhi kekuatan sofa dan kursi pada saat kita duduk. Hal ini bertujuan agar, pada saat kita duduk disofa dan kursi tidak mudah sobek atau amblas karena dapat mengganggu posisi  tulang. Untuk menghindari bahan kain yang mudah robek atau amblas pilihlah sofa dan kursi yang berbahan tebal, selain yang di atas yang  kita bahas, sofa dan kursi berbahan tebal lebih lama pemakain umur sofa atau kursi tersebut. Kain sofa dan kursi yang mudah sobek juga dapat menaikkan bahan kimia yang berada di dalam busa sofa dan kursi. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk lebih teliti pada saat membeli sofa atau kursi supaya terhindar dari gangguan kesehatan.

  • Pilih bahan sofa dan kursi yang alami

Pilihlah sofa dan kursi yang memakai bahan alami seperti kayu yang lebih aman, kuat dan sehat. Namun, ada juga kelemahan dari bahan kayu yaitu keras dan kurang nyaman. Namun, untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menambahkan busa yang lebih tebal, busa tebal juga dapat membuat anda lebih nyaman pada saat duduk. Berbeda dengan sofa atau kursi yang di dalamnya berisi busa tipis di karenakan akan cepat amblas pada saat di duduki, dan kita akan terasa duduk di atas permukaan kayu atau karet. Sehingga tidak aman bagi kesehatan anda.

  • Perhatikan Posisi Sofa & kursi Antara Alas dan Sandaran Duduk

.Posisi sofa atau kursi yang baik juga menetukan bagi kenyamanan anda, dikarenakan posisi yang baik tidak mengganggu tulang atau sendi belakang anda pada saat duduk.
Sofa atau kursi dengan posisi baik adalah alas untuk duduk dengan belakang sofa & kursi untuk bersandar jarak nya tidak terlalu dekat sehingga pada saat duduk lama tidak menggangu tulang belakang di karenakan posisi yang terlalu tegak pada saat duduk.

Selain memperhatikan hal di atas, kesehatan tubuh juga harus dijaga. Dengan rajin berolahraga setiap pagi sebelum duduk di sofa atau kursi. Selain itu, buatlah tubuh rileks pada saat duduk di sofa dan kursi agar tubuh tidak kaku dan terhindari dari berbagai macam gangguan tulang serta sendi dan hal yang lebih penting kebersihan sofa dan kursi.

 

duduk di sofa

 

  • Jaga Kebersihan Sofa & Kursi

Sofa atau kursi yang dibiarkan kotor, debu dan tidak terawat akan menjadi tempat berbagai macam, kuman, jamur dan bakteri yang sangat membahayakan bagi kesehatan anda. Oleh karena itu, bersihkan sofa dan kursi secara rutin satu kali dalam seminggu dengan menggunakan kain halus, kemoceng atau vakum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada pada sofa atau kursi anda. Tidak cukup hanya menggunakan metode kebersihan di atas selain itu sofa atau kursi anda perlu di cuci agar dapat membunuh kuman, bakteri dan jamur oleh jasa cuci sofa Profesional.

Sekian artikel dari Tim BersihWangi.com, semoga bermanfaat untuk anda, keluarga dan sahabat.

Baca juga : 

 

 

 

 

By | 2023-10-25T11:32:25+00:00 June 11th, 2015|TIPS|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.